Jumat, 26 Oktober 2012

GEMA TAKBIR BERKUMANDANG SEMALAM SUNTUK

Gema takbir yang dikumandangkan dari bibir anak-anak berkumandang sahut menyahut di masjid Al Gafar MAN Batam. Menyambut Hari Raya Idhul Adha tahun 1433 H atau 2012 yang bertepatan dengan hari Jumat, 26 Oktober 2012 civitas akademis MAN Batam mengadakan kegiatan takbiran. hari raya Idhul Adha atau yang sering dikenal dengan hari raya Qurban merupakan salah satu hari yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di segala penjuru dunia. hari ini juga bertepatan dengan kegiatan Wukuf di Arofah yang merupakan rukun haji.
 
Dalam menyambut hari raya ini seluruh siswa yang tidak berhalangan telah melaksanakan puasa sunah selama tiga hari. hal ini ditandai dengan sepinya kantin pada saat istirahat. Hal ini dilakukan dengan sadar oleh siswa dan seluruh warga MAN Batam dengan tujuan untuk menggapai bulan Dzulhidjah dimana sebagian umat muslim dunia melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekah. 
 
Menjelang datangnya hari raya kurban siswa besereta seluruh warga MAN Batam mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan bersalam-salaman saling maaf-memaafkan untuk menghapus dosa dan saling mendoakan agar bisa menngapai berkah dan rahmat-NYA. (Kamis,25 Oktober 2012)   
  
Setelah saling memaafkan maka berakhir proses pembelajaran dan nantinya setelah ba'da Magrib akan dilanjutkan dengan takbiran. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan supaya siswa-siswi MAN Batam benar-benar menghargai nilai-nilai pengorbanan seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim a.s. dengan Nabi Ismail beberapa abad lampau. selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan syiar Islam sekaligus mempromosikan MAN Batam yang selama ini belum begitu dikenal oleh masyarakat Kota Batam. Walaupun termasuk madrasah yang cukup tua tetapi sampai sekarang masih terpinggirkan oleh sekolah-sekolah umum lainnya. kegiatan yang disupport oleh kesiswaan MAN Batam dan pengurus Masjid Al Ghafar  ini sengaja dilakukan juga untuk mempersiapkan kegiatan lainnya yaitu pelaksanaan sholat Idhul Adha. Sholat yang rencananya akan dilaksanakan di masjid Al Ghafar ini nantinya yang menjadi imam adalah kepala KUA Kecamatan Sagulung, Bapak Adamrin, S.Ag dengan imam Rudi Hartono,S.Ag, Kepala MTs USB Sagulung.
 
Sholat Idhul Adha ini menjadikan sebuah momen untuk tetap menjalin rasa kekeluargaan antara guru dan siswa serta keluarga besarnya. kegiatan yang memang telah direncanakan jauh-jauh hari ini diikuti oleh seluruh siswa MAN Batam. dan bahkan tak ketinggalan kegiatan ini juga merangkul MTs USB Sagulung.  (Dandhung Whisapto, S.Pd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar