Senin, 29 Oktober 2012

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA DI MAN BATAM DITENGARAI DENGAN MABIT

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah berdirinya negara NKRI. Peran pemuda dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan tidak bisa dipungkiri lagi. Sebagian besar gerakan-gerakan yang ada pada masa lampau selalu dimotori oleh para pemuda yang memiliki misi jauh ke depan yaitu terwujudnya sebuah negara yang besar dan disegani oleh negara-negara di dunia. 

Delapan puluh empat tahun silam para pemuda yang bergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan menggagas suatu sarana atau dasar untuk membentuk sebuah misi yang nantinya menjadi sebuah tonggak sejarah berdirinya NKRI. Para pemuda saat itu tidak memikirkan untuk meraih keuntungan pribadi atau golongan. Mereka hanya memiliki tujuan untuk mempersatukan seluruh suku dan bangsa yang terdapat di wilayah nusantara. Dengan kesatuan tersebut maka diharapkan semua cita-cita dan harapan yang mewakili perasaan rakyat yang tertindas oleh penjajah yang telah lamabercokol di Nusantara ini. Atas dasar inilah kesiswaan MAN Batam memperingati hari Sumpah Pemuda dengan berbagai kegiatan.  Untuk merenungkan dan meneladani semangat para pemuda tempo dulu Keiswaan MAN Batam mengadakan kegiatan MABIT (Malam Binaan Iman dan Takwa). 

Program yang selalu diadakan secara rutin ini jauh-jauh hari sudah digagas dan akan direalisasikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. MABIT kali ini (Sabtu, 27 Oktober 2012 atau malam 28 Oktober 2012) diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan diprasarani oleh OSIS MAN Batam dan didampingi oleh beberapa guru. siswa Kelas X yang mengikuti MABIT nini pada malam harinya diajak menikmati dan menonton bareng sebuah film perjuangan.

Setelah nonton bareng maka seluruh peserta diajak untuk merenungi dan menghayati serta berdiskusi bersama untuk mengintrospeksi diri masing-masing sejauhmana peran pemuda saat ini terhadap pembangunan bangsa terutama pemuda di MAN Batam. Dengan adanya nonton bareng dan diskusi bersama ini diharapkan akan mampu mengobarkan kembali semangat para generasi muda yang berada di MAN Batam pada hususnya dalam pembelaan negara terutama dalam hal pembangunan. 

Generasi muda pada saat ini banyak mendapatkan cobaan terutama pengruh dari globalisasi yang tak dapat dibendung kecuali dengan bekal keimanan dan ketakwaan yang kuat. tidak luput pula seluruh siswa MAN Batam kemungkinan besar juga terpengaruh oleh kondisi ini.  Mabit ini selain melakukan kegiatan diskusi bersama juga mewajibkan seluruh peserta untuk melaksanakan sholat lail/malam.  

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh kepala MAN Batam, Ulfah Ismiati, S.Pd. pada kesempatan ini beliau berpesan agar selalu menjaga citra pemuda-pemudi Indonesia di mata dunia. Bahkan beliau menekankan tentang pentingnya peran pemuda dalam pembangunan bangsa ini. Diharapkan juga bahwa nanti akan lahir tokoh-tokoh besar yang berjasa kepada NKRI yang berasal dari MAN Batam.

MABIT kali ini diakhiri dengan diadakannya perlombaan-perlombaan  pada hari Minggu, 28 Oktober 2012 dan ditutup dengan apel bersama untuk mendoakan  para arwah para pahlawan yang telah gugur dalam medan juang untuk mendirikan dan mempertahankan NKRI.

Kegiatan-kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan terutama pada momen-momen hari-hari besar nasional dan keagamaan dengan peserta siswa MAN Batam dilakukan secara bergilir  sesuai dengan tingkat/kelas.
(Dandhung Whisapto, S.Pd.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar