Selasa, 06 November 2012

OSIS MAN BATAM TERBAIK SEINDONESIA DI AJANG ISLC (Indonesia Student Leadership Camp) UNIVERSITAS INDONESIA 2012




Putri Wahyuningsih, seorang siswi yang penuh dengan semangat, kreatif, dan selalu optimis. Siswa yang duduk di kelas XI IPA sekaligus menjabat Wakil Ketua OSIS ini dengan senyumnya yang selalu menghias di bibirnya telah berhasil menorehkan prestasi untuk MAN Batam di ajang ISLC UI.  Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Universitas Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan pemimipin muda yang sadar akan pentingnya arti pendidikan sebagai dasar dari pembangunan bangsa dengan melakukan tindakan kontributif yang nyata. Putri wahyuningsih yang sebelumnya telah mengirimkan esainya ke panitia ISLC UI dan berhasil mendapatkan peringkat 20 esai terbaik seluruh Indonesia. Prestasi ini selanjutnya disusul dengan prestasi yang lain berupa Anggota kelompok terbaik dan Peserta Terbaik  dengan menyisihkan 100 peserta dari utusan OSIS MA, SMA, dan SMK dari seluruh Indonesia.   

Putri Wahyuningsih dalam esainya menyampikan tentang kondisi dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Dalam sinopsinya PW( pangilan akrab untuk Putri Wahyuningsih) menjelaskan sinopsis dari esainya sebagai berikut:
"Pulau Jawa saat ini menjadi pusat perkembangan pendidikan Indonesia. Tentu pelajar di Tanah Jawa lebih termotivasi untuk terus belajar hanya untuk menuntaskan KKM. padahal adanya KKM hanyalah sebagai tolak ukur. Sehingga banyak pelajar yang "berlomba-lomba" mencari jalan pintas untuk menambah nilai, mulai dari cara halal hingga cara yang haram. Dari latar belakang kondisi tersebut Putri Wahyuningsih termotivasi untuk membuat gagasanuntuk pendidikan pelajar Kepulauan Riau dengan judul "Think and Do Something".  Esai tersebut menggambarkan tenatng seorang pelajar muda yang bermimpi tinggi untuk kemajuan pendidikan di Kepulauan Riau."
Setelah mengikuti kegaiatan ISLC yang dilaksanakan selama  4 hari (1 s.d.4 November 2012) Putri Wahyuningsih kembali mendapatkan sebuah inspirasi besar dari para narasumber yang dihadirkan dalam acara itu. salah satunya Imam Usma seorang mahasiswa UI yang tahun ini juga menjadi duta Pemuda ASEAN 2012.  Imam Usma juga berkesempatan menyampaikan pidatonya di Podium United Nations New York. Putri Wahyuningsing berharap suatu saat akan bisa mengikuti jejak para pemuda yang berhasil menorehkan berbagai prestasi.
PutriWahyuningsih selama mengikuti kegiatan ini semakin terkesan dengan hasil yang ia peroleh yaitu menjadi penulis esai muda di umur 16 tahun di ajang yang bergengsi,  bertemu Putri Pariwisata 2012, bertemu dengan 100 Ketua OSIS terpilih se Indonesia, dan berkeliling wilayah Universitas Indonesia (UI).
  Disela-sela pembicaraan antara Kepala MAN Batam Ulfah Imiati, S.Pd. dengan Putri Wahyuningsih beliau  menyampaikan rasa syukur dan rasa bangga yang teramat dalam serta ucapan terima kasih karena salah satu siswa MAN Batam telah berhasil menorehkan prestasi di ajang yang sangat bergengsi. Beliau juga berharap agar jejak Putri Wahyuningsih diikuti oleh siswa-siswa lainnya. beliau juga menyampaikan bahwa ini adalah sebuah pembuktian bahwa MAN Batam merupakan salah satu sekolah/Madrasah yang patut diperhitungkan di Kepulauan Riau. 
(Dandhung Whisapto, S.Pd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar