Senin, 19 November 2012

MAN BATAM SAMBUT TAHUN BARU 1433 HIJRIAH DENGAN BERSH PANTAI


DSC_0392
MAN Batam menyambut tahun baru hijriah mengadakan kegiatan tadabur alam sekaligus  membersihkan Pantai Melayu. Beberpa waktu lalu Waka Kesiswaan MAN Batam bersama dengan OSIS-nya menggelar kegiatan berupa tadabur alam di Pantai Melayu Barelang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada seluruh siswa MAN Batam tentang rasa syukur kepada Allah. Sebanyak 335 siswa turut serta menyukseskan kegiatan ini. Tadabur alam adalah salah satu proses pembelajaran yang dilakukan secara langsung di alam terbuka. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh warga MAN Batam. Acara yang telah disusun oleh kurikulum dan OSIS diharapkan bisa memberikan kontribusi penting bagi siswa terutama tentang kepedulian lingkungan.  
Kegiatan yang langsung dilepas oleh kepala MAN Batam ini bukan kegiatan yang pertama kali digelar tetapi sudah setiap tahun dilaksnakan. Sebelum bus pertama diberangkatkan seluruh siswa mendapatkan pengarahan dari kepala MAN Batam, Ulfah Ismiati, S.Pd. Dalam pengarahannya kepala MAN Batam menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan proses pembelajaran langsung di alam, terlebih lagi kegiatan yang dilakukan pada tanggal 14 November 2012 ini merupakan hari efektif belajar. Jadi sebagai gantinya adalah belajar bagaimana mensyukuri nikmat Allah  SWT berupa kekayaan alam berupa pantai dan laut beserta isinya yang melimpah. 
Selama berada di pantai seluruh siswa diimbau untuk selalu menjaga kebersihan pantai sebagai salah satru bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan tadabur alam ini diisi dengan beberapa kegiatan yang menuntut kerjasama antartim sebagai salah satu bentuk pendidikan yang menanamkan kerjasama dan kepdulian terhadap sesama. Di akhir session  pembelajaran siswa di alam OSIS mengadakan lomba berbalas pantun antarkelas.  
sSbagai muslim seluruh siswa beserta seluruh guru dan karyawan yang juga diwajibkan mendampingi siswa melaksanakan sholat Dhuhur berjamah di pantai. Sholat berjamah yang biasanya dilakukan di mushola atau di masjid, sekarang seluruh siswa merasakan betapa nikmatnya sholat di alam terbuka apalagi menghadap laut. 
Setelah melaksanakan sholat berjamaah seluruh siswa beserta guru dan karyawan istirahat sekaligus makan siang bersama-sama. Tepat pukul 13.30 barulah seluruh peserta diperbolehkan rekreasi dengan menikmati indahnya pantai dengan hamparan pasir putihnya dan menikmati fasilitas lainnya. Puas bermain seluruh peserta diharuskan kumpul kembali di pos untuk melanjutkan kegiatan berupa bersih pantai. Kegiatan yang memang sudah dipersiapkan dari awal ini sasarannya adalah memungut sampah-sampah yang bertebaran di bibir pantai. hal ini membuktikan tentang kepedulian seluruh warga MAN Batam terhadap lingkungan hidup. 


DSC_0380


Tidak ada komentar:

Posting Komentar