Sabtu, 27 Oktober 2012

GEMA TAKBIR MENGIRINGI PEMOTONGAN HEWAN KURBAN DI MAN BATAM



Hari raya Idhul Adha yang juga sering disebut dengan hari raya kurban disambut dengan antusias oleh seluruh warga MAN Batam. hal ini terlihat dari deretan agenda kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Bidang kesiswaan dan Bidang Kurikulum. bidang kesiswaan telah menyiapkan beberapa kegiatan diantaranya takbiran, sholat idhul adha, dan mabit. sementara untuk memberikan pembelajaran tata cara pemotongan hewan kurban bidang kurikulum menggalang seluruh warga MAN Batam untuk mengadakan penyembeliuhan hewan kurban di madrasah.
Kepanitian pendaftaran peserta kurban yang memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari selama kurang lebih satu tahun ini berhasil mengumpulkan sebanyak 26 peserta. peserta membeli hewan kurban dengan cara menabung selama satu tahun. dengan 26 peserta tersebut disepakati oleh seluruh peserta untuk di belikan empat ekor lembu/sapi. dengan beberapa persiapan yang matang dan telah dikoordinir oleh panitia khusus ini diharapkan akan berjalan dengan baik. dan bahkan akan dilaksanakan setiap tahun.
berdasarkan hasil keputusan rapat panitia proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Oktober 2012 sehari setelah sholat Idhul Adha. Alasan pemilihan waktu pemotongan tersebut  adalah untuk mempermudah dan memaksimalkan proses pembelajaran yang akan disampaikan kepada seluruh siswa.
Daging kurban dari empat ekor sapi tersebut nantinya akan dibagikan kepada seluruh siswa MAN Batam sebanyak 335 siswa. pembagian ini dibagi menjadi dua golongan yaitu golongan I yang diprioritaskan sebanyak 90 siswa dan golongan II sebanyak 245 siswa. pembagian golongan ini berdasarkan kondisi keluarga siswa dari sisi ekonomi. untuk golongan I merupakan siswa yang tingkat ekonomi kurang mampu sementara golongan II adalah siswa yang tngkat ekonominya dianggap mampu. pengelompokan ini sengaja dilakukan bukan untuk membeda-bedakan antara siswa satu dengan yang lainnya tetapi bertujuan untuk menimbulkan perasaan saling berbagi. panitia bagian pendistribusian jauh-jauh hari telah mendata dan mensurvai latar belakang seluruh siswa. selain untuk siswa daging kurban juga didstribusikan kepada masyarakat sekitar MAN Batam. 
Pemotongan hewan kurban yang dimulai pada hari Sabtu,27 Oktober 2012 tepatnya jam 08.00 ini dihardir oleh Ketua Komite MAN Batam Bapak Drs. H. Mulyadi. pada kesempatan ini beliau juga berkenan untuk menyembelih satu ekor sapi. proses pemotongan yang dilaksanakan dan dikerjakan di halaman MAN Batam ini melibatkan semua guru dan karyawan MAN Batam serta dibantu oleh perwakilan Orang tua siswa.
tidak ketinggalan dalam kegiatan ini juga melibatkan OSIS MAN Batam yang jauh.jauh hari sudah dipilih dan dipersiapkan untuk membantu pendistribusian daging kurban. 
(Dandhung Whisapto, S.Pd.)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar