Senin, 28 Mei 2012

SISWA MAN BATAM LULUS SNMPTN JALUR UNDANGAN 2012




MAN Batam  merupakan salah satu madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Madrasah yang lebih menonjolkan ilmu keagamaan dalam mendidik siswa-siswinya adalah satuan pendidikan yang memiliki tingkat kesetaraan dengan sekolah menengah atas (SMA). Madrasah Aliyah Negeri Sagulung selain menonjolkan ilmu keagamaan dalam mendidik generasi  penerus bangsa madrasah ini juga tetap tidak meninggalkan salah satu tugas utamanya sebagai satuan pendidikan bertaraf pendidikan menengah atas yang mengajarkan ilmu pengetahuan umum yang memang menjadi kurikulum pendidikan nasional. Justru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) memiliki kelebihan atau nilai plus berupa kurikulum pendidikan nasional dipadukan dengan kurikulum  pendidikan islam yang lebih mengutamakan pendidikan religius. Melihat kelebihan tersebut maka tidak heran bahwa output dari Madrasah Aliyah Negeri Sagulung  tidak kalah dengan sekolah-sekolah menengah atas yang dikelola oleh Kemendikbud bahkan memiliki nilai PLUS yang tidak dimiliki sekolah umum. Dengan kondisi tersebut maka MAN Batam tak ketinggalan juga memfasilitasi seluruh siswa-siswinya yang sudah berada di jenjang akhir atau kelas XII untuk didaftarkan atau direkomendasikan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Jalur Undangan (SNMPTN Jalur Undangan) tahun 2012.
Sejak tanggal 1 Februari 2012 MAN Batam telah mendaftarkan diri ke panitia SNMPTN 2012 secara online. Setelah proses pendaftaran selesai dan sudah mendapatkan akun beserta password untuk masuk dan merekomendasikan seluruh siswa-siswinya dengan harapan seluruhnya bisa masuk keperguruan tinggi negeri favorit tanpa tes. Sementara proses pengentrian data berupa nama dan nilai seluruh siswa dilakukan dengan bertahap. Proses pengentrian data ini memakan waktu dikarenakan pihak Madrasah tidak ingin salah dalam memasukkan data sehingga dilakukan dengan hati-hati. Pada  awal bulan Maret 2012 data yang telah selesai langsung direkomendasikan dan difinalisasi untuk mendapatkan prosentase (50% dari jumlah keseluruhan) siwa yang bisa direkomendasikan. Dari jumlah siswa sebanyak 133 orang MAN Batam mendapatkan kuota sebanyak 45 siswa yang bisa direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.
Kuota yang  diperoleh MAN Batam tidak langsung ditelan mentah-mentah karena Madrasah tidak ingin membebani siswa dan mengharuskan ikut  dalam SNMPTN Jalur undangan ini. Seluruh siswa yang memeperoleh rekomendasi masih harus diwawancarai dan dikonsultasikan dengan orang tua siswa untuk mengetahui seberapa minat orang tua dan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Tindakan ini dilakukan untuk memperkecil resiko pengunduran diri siswa ketika telah melakukan registrasi kelak.
Pendekatan antara siswa dan orang tua dianggap sangat perlu karena Madrasah tidak ingin siswa-siswinya salah dalam menentukan pilihan baik melanjutkan atau tidak dan dalam menentukan jurusan yang ingin dipilih. Selama proses konsultasi antara madrasah dengan orang tua MAN Batam juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonsultasikan jurusan yang ingin dipilih ini merupakan slah satu bentuk layanan yang diberikan MAN Batam setiap saat, tanpa mengenal waktu.
Dari 45 orang yang memperoleh kesempatan untuk direkomendasikan terdapat 29 siswa yang memang ingin mencoba keberuntungan melalui SNMPTN Jalur Undangan. Dengan demikian siswa MAN Batam harus siap bersaing dengan 75.034 orang dari seluruh Indonesia.
Setelah menunggu sekian lama, hari yang ditunggu untuk mengetahui hasil seleksi SNMPTN Jalur Undangan pun tiba bersamaan dengan pengumuman hasil UN pada hari Sabtu, 26 Mei 2012. Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan hanya berselang satu jam tepatnya pukul 17.00 WIB.  Siswa MAN Batam yang dinyatakan lulus berjumlah 12 orang dari 29 orang yang direkomendasikan dan mendaftar. Ini berarti 12 orang tersebut berada di antara 53.401 orang yang lulus seleksi SNMPTN Jalur Undangan di seluruh Indonesia.
Ibarat mendapatkan durian runtuh siwa yang lulus UN sekaligus lulus SNMPTN Jalur Undangan dalam waktu yang tidak lama bahkan hanya selang satu jam. Adapun daftar siswa yang diterima di beberapa perguruan tinggi negeri sebagai berikut:

No.
Nomor Pendaftaran
Nama Siswa
Jurusan
Kelas
Diterima di PTN
Program Studi
1.
4120123626
Heni Muspiratun
IPA
12 IPA
MATEMATIKA
2.
4120113674
Kurnia Herlina Dewi
IPS
XII IPS 1
PENDD. KEPELATIHAN OLAHRAGA
3.
4120113138
Robiatul Adawiyah
IPS
XII IPS 1
BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
4.
4120122540
Fitria Diwanty
IPS
XII IPS 2
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
5.
4120122250
Mutia Quratul Aini
IPS
XII IPS 2
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
6.
4120122480
Winda Ramela Gusniarni S
IPS
XII IPS 2
EKONOMI ISLAM
7.
4120122031
Elka Yulita
IPS
XII IPS 2
EKONOMI PEMBANGUNAN
8.
4120104391
Tiayu Rahmadani
Keagamaan
12 Agama
SEJARAH & KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)
9.
4120123542
Sarah Attahiroh
Keagamaan
12 Agama
TAFSIR HADIST
10.
4120123463
Ramona
Keagamaan
12 Agama
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
11.
4120123579
Muflihah
Keagamaan
12 Agama
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
12.
4120141144
As'Ad Bukhari
Keagamaan
12 Agama
MANAJEMEN DAKWAH (MD)

Setelah dinyatakan lulus SNMPTN Jalur undangan kedua belas siswa di atas dianjurkan oleh madrasah untuk segera melakukan daftar ulang secara online, dan pihak madrasah tetap akan mengontrol bahkan membantu dan memandu siswa apabila menemui kendala-kendala dalam proses registrasi ulang. MAN Batam juga telah siap membantu menyediakan persyaratan-persyaratan yang harus dibawa oleh siswa (berkaitan dengan surat-menyurat).
Dengan lulusnya 12 orang siswa di perguruan tinggi negeri, membuktikan bahwa MAN Batam memiliki kualitas yang patut dibanggakan dari segi prestasi belajar tidak kalah dengan sekolah-sekolah menengah atas yang diunggulkan. (Dandhung Whisapto)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar